Kamis, 12 Januari 2017

Manfaat Kepiting Dan Cara Sehat Mengkonsumsinya

Di Indonesia, kepiting terbilang makanan yang mewah, karena selain harganya mahal dan rasanya yang lezat, juga memiliki kandungan gizi yang melimpah, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ketahui lebih lanjut mengenai Manfaat Kepiting Dan Cara Sehat Mengkonsumsinya

manfaat kepiting dan cara sehat mengkonsumsinya

Manfaat Kepiting Dan Cara Sehat Mengkonsumsinya | Khasiat dan manfaat daging kepiting untuk kesehatan yang paling terkenal yaitu mengaktifkan dan melincahkan gerakan sperma. Hal ini karena dagingnya kaya akan kandungan nutrisi yang mendukung kesuburan sperma. Selain rasanya yang lezat, khasiat lain nya ternyata masih banyak. Misalnya saja untuk meningkatkan kecerdasan, menjaga stamina, meningkatkan ennergi, dll.

Daging kepiting kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain: protein 13,8 gram, lemak 3,8 gram, karbohidrat 14,1 gram, energi 151 kkal, kalsium 210 gram, fosfor 250 gram, zat besi 1 mg, vitamin A, B1, C, B12, asam lemak Omega 3, mineral Selenium, Copper, Zinc, dan lemak jenuh. Sayangnya dari keseluruhan tubuh kepiting, yang bisa konsumsi hanya separuhnya saja. Nah dibawah ini ada beberapa manfaat daging kepiting yaitu sebagai berikut :
  • Meningkatkan Energi dan Stamina
Kandungan Vitamin B12 yang dapat memacu peningkatan metabolisme asam lemak dan asam amino. Ditambah kandungan proteinnya yang tinggi dan bermanfaat untuk mengatur metabolisme, membuat kepiting bermanfaat untuk meningkatkan stamina yang loyo.
  • Mempercepat Penyembuhan Luka
Protein, Vitamin B12, dan Mineral Zinc pada kepiting juga berfungsi mempercepat penyembuhan luka. Protein pada kepiting dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, sedang Vitamin B12 dan Mineral Zinc membantu memproduksi sel-sel darah merah.
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Bagi yang khawatir terserang penyakit pada saat musim pancaroba, ada baiknya mencoba makanan laut dengan mengkonsumsi kepiting. Protein, Asam Lemak Omega 3, dan Mineral Selenium yang terkandung pada kepiting, semuanya memiliki khasiat untuk membentuk dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit kadiovaskular (jantung) dapat dicegah dengan kepiting, karena kandungan Omega 3 yang mampu menetlalisir kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Selain itu, kandungan Mineral Seleniumnya juga berguna dalam mencegah kerusakan sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas pemicu serangan jantung.
  • Mencerdaskan Otak
Sebagaimana diketahui Asam Lemak Omega 3 yang banyak terkandung pada susu juga terdapat pada kepiting dalam jumlah yang besar. Zat yang satu ini dikenal memiliki fungsi utama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencerdaskan otak.
  • Memelihara Kesehatan Mata
Kepiting juga dapat membantu memelihara kesehatan mata karena mengandung Vitamin A yang melimpah.
  • Mencegah Osteoporosis
Pengeroposan tulang (osteoporosis) dapat dicegah dengan mengkonsumsi kepiting karena selain mengandung sejumlah manfaat protein yang tinggi, juga mengandung Mineral Copper yang membantu pembentukan sel-sel dan syaraf tulang.
  • Membantu Program Diet
Bagi yang melakukan diet sangat baik mengkonsumsi kepiting, karena kandungan lemak jenuhnya. Hewan laut ini memiliki lemak yang sangat rendah yakni 0,2 gram/100 gram.
  • Membantu Perkembangan Janin dan Bayi
Bagi ibu hamil dan menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi manfaat kepiting ini 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Kadar proteinnya yang tinggi serta komponen asam lemak Omega-3nya yang membantu pembentukan membran sel pada otak janin dan bayi
  • Mencegah Kanker
Tubuh yang lemah sangat rentan terhadap serangan radikal bebas, dan radikal bebas menjadi salah satu penyebab penyakit kanker. Kedua problem tersebut dapat ditangkal dengan kepiting yang memiliki kandungan protein, Omega 3, dan Mineral Zinc yang berfungsi untuk menambah kekebalan tubuh. Mineral Selenium yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang diakibatkan serangan radikal bebas.
  • Mencegah dan Menyembuhkan Anemia
Penyakit anemia dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi kepiting, karena Vitamin B12, Mineral Copper, dan Mineral Zinc pada binatang ini memiliki peran penting dalam memproduksi sel-sel darah merah.
  • Mencegah Penyakit Prostat
Kepiting dapat mencegah penyakit prostat karena kandungan Mineral Zinc bermanfaat dalam mencegah pembesaran pada prostat.
  • Merawat Kulit dan Rambut
Bagi kaum perempuan yang selalu memperhatikan perawatan tubuh, mengkonsumsi kepiting sangat baik untuk kecantikan. Mineral Zinc yang dikandungnya dapat mencegah rambut rontok dan dalam Vitamin B12 dapat memelihara syaraf dan sel-sel kulit.

Cara Sehat Mengkonsumsi Kepiting

1. Dianjurkan  untuk tidak mengolah kepiting dengan cara digoreng.
2. Walaupun terdapat kandungan vitamin yang bermanfaat. Di dalam kepiting juga terdapat kandungan kolestrol yang tinggi yaitu 76 mg/ 100gr. Jadi. Mengng konsumsi kepiting Cukup dengan ukuran sedang untuk mendapatkan manfaatnya memenuhi asupan kolesterol 300 mg.
3. Kandungan basa purin dalam kepiting dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Jadi bagi penderita penyakit asam urat atau gout disarankan untuk menghindari konsumsi kepiting
4. Kepiting cangkang lunak/soka, kulitnya untuk tidak di buang, karena nilai nutrisinya juga cukup tinggi, terutama kandungan chitosan dan karotenoid.

 Nah, demikianlah informasi seputar Manfaat Kepiting Dan Cara Sehat Mengkonsumsinya. Semoga apa yang kami kutif dapat bermanfaat. Dan terus kunjungi situs http://caramencegahhepatitissecaraalami.blogspot.com untuk mengetahui informasi sehat serta tips-tips dan lainnya yang berhubungan dengan kesehatan.

Manfaat Kepiting Dan Cara Sehat Mengkonsumsinya

1 komentar: